Menjelang Akhir 2019

By Tri Saputra Sakti - 03:13

Bisa dibilang, tahun 2019 itu benar-benar nggak bisa diprediksi. Jalannya menikung, curam, menanjak, beberapa kali ada turunan tajam… nggak kayak tahun-tahun sebelumnya yang begitu tenang, cukup lurus, dan mudah dilewati. 

Dan tahun ini juga gue banyak banget mendapat pelajaran berharga. Banyak hal yang mengingatkan gue kalau hidup ya memang seperti ini: penuh kejutan—entah itu baik ataupun buruk. Yang paling gue ingat dari semua “pelajaran” yang ada pada tahun ini adalah: ada yang mesti dikorbankan untuk mencapai sebuah tujuan. 

Terus terang awalnya gue merasa optimis kalau gue bisa mencapai “banyak” tujuan dengan mencicil hal-hal yang bisa mencapai ke arah sana. Tapi ujung-ujungnya nggak maksimal saat ngejalaninnya. Jadi, ya, tahun depan gue berusaha untuk menetapkan satu tujuan dulu. Berusaha untuk mencapai tujuan gue tersebut. 

 Tapi kok saat ngebayanginnya bakalan capek banget, ya? 

Dan lagi-lagi gue diingatkan sama diri sendiri: “Kalo elo capek, ya nanti bisa istirahat. Setelah cukup pulih, ya berjuang lagi.” 

 Semoga siapa pun yang baca tulisan ini, tetap semangat dan berjuang. Nggak apa-apa merasa letih. Nanti kita bisa rehat sejenak. Semangat!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments