Visa Australia Ditolak Padahal Berkas Lengkap: Apa yang Salah?

Beberapa bulan lalu, gue ikut travel fair Singapore Airlines. Tujuan gue kali ini adalah Australia. Kenapa Australia? Pertama, gue belum pernah ke benua itu. Kedua, kalau ke luar negeri, selalu kedapetan summer! Bahkan spring aja baru ngerasain sekali pas ke Jepang. Jadi, gue memutuskan untuk bisa holiday trip tapi dengan musim berbeda. Jadi, kayaknya Australia jadi benua yang pas buat gue buat cobain ke luar negeri pas autumn.

Setelah dapet tiket dengan harga yang cukup oke untuk maskapai sekelas SQ, tentu aja gue menabung, buat itinerary, dan lain sebagainya. Sampai satu bulan sebelum keberangkatan, gue harus buat visa Australia. Omong-omong, gue ke Australia bareng temen traveling ke Jepang kemarin. Alasannya, kami satu visi. Banyak orang yang suka traveling tapi visi mereka jalan-jalan itu berbeda. Nah, gue sama temen gue ini cukup cocok meski dia lebih ambisius. Tapi udah terjaminlah waktu traveling ke Jepang selama empat belas hari kalau dia cukup satu visi sama gue.


Sumber: curiositiescabi.net


Nah, sebelum apply visa, tentu aja kami cari-cari informasi. Baik dari blog, maupun temen-temen yang pernah ke Australia. Kebetulan banget juga, beberapa bulan lalu ada informasi bahwa apply visa Aussie ini bisa lewat online. Tapi, belum ada keterangan lebih lanjut yang cukup detail tentang orang Indonesia (maafkan karena kami orangnya amat sangat insecure) sampai akhir bulan Maret. Maka, kami pun memilih opsi untuk apply visa lewat VFS Australia yang terletak di Kuningan City. Tapi sebelum ke sana, salah satu teman yang baru balik liburan dari Australia bilang, "Lho, kenapa nggak lewat online aja, Tha? Temen gue kemarin submit online terus dua hari udah dapet lho." Karena udah mepet dan rasanya mager untuk menge-scan banyak dokumen, kami tetap lewat jalur walk-in alias tetap ke Kuningan City.

Kami pun mulai mengumpulkan berkas. Nah, untuk detailnya bisa dibaca di Backpack Story karena kami amat sangat terbantu dengan penjabaran detail di blog tersebut. Setelah merasa berkas lengkap, kami pun datang sesuai appointment. Omong-omong, kalau appointment-nya 15.00, pastikan ke sana pukul 14.55 karena petugas di sana menyuruh kami balik dan datang benar-benar lima menit sebelum janji temu. Aduduh gedubrak banget memang, tapi memang SOP mereka demikian.

Setelah diperbolehkan masuk, kami masuk ke bagian visa Australia. Ternyata di sana sepi banget, jadi kami langsung lampirin berkas ke petugas masing-masing. Karena udah lihat tutorial cara pengisian di berbagai blog, nggak ada hambatan sama sekali. Petugas cuma mengecek ada yang gue skip atau nggak untuk isi formulirnya. Ternyata gue lupa ceklis satu doang, dan akhirnya langsung diisi. Selain itu, gue juga lupa tulis nama dan tanda tangan di bagian paspor belakang, jadi harus fotokopi ulang deh di tempat. Setelah semua berkas di-submit, kami pun dapet nomor antrean untuk bayar pengajuan visa. Lumayan banget kenanya, sekitar Rp1.700.000,00 (dua ratus ribunya kalau nggak salah termasuk biaya service untuk pengiriman berkas dan sebagainya).

Dan... sudah lima hari jam kerja berlalu. Gue kira bakalan lebih lama lagi dapet pengumannya. Tapi temen gue nge-WhatsApp. Isinya kurang lebih begini: "Visa gue ditolak."

Maka, gue yang pagi itu lagi sibuk ngedit kerjaan, langsung cek hape, lihat notifikasi e-mail. Dan alhamdulillah visa gue malah diterima. Padahal, gue lebih insecure, lebih takut ditolak visanya. Tapi saat itu gue juga bingung sih, di satu sisi seneng karena visa diterima, tapi di sisi lain sedih juga karena visa temen gue ditolak.

Alasan visa Australia-nya ditolak dijabarin begini di e-mail temen gue:

No further assessment of this visa application can be taken at this office.
However, if the details of a parent, spouse, de facto partner, child,
brother or sister you intended to visit were included in your visa
application form, and the relative is an Australian Citizen or Australian
permanent resident, that person is entitled to apply for a review of this
decision to the Administrative Appeals Tribunal (AAT). An application for
review of this decision must be given to the AAT within 70 calendar days
after you are taken to have received this letter.

Bisa paham sendiri kan kenapa pihak sana rejected visa temen gue. Kalau dibaca dengan saksama sih mereka "kurang" percaya. Akhirnya setelah wara-wiri tanya sana-sini, temen gue memutuskan untuk apply visa lewat internet. Sebenernya deg-degan juga karena udah mepet waktu sama tiket keberangkatan ke sana.

Setelah semua berkas di-scan, bahkan temen gue sampai menyertakan surat rumahnya segala dan mencontoh surat keterangan kerja dari gue yang kelihatan lebih detail, temen gue apply. Apply-nya pun nggak terlalu ribet dan kena biaya lebih murah, yaitu sekitar Rp1.500.000,00.

Udah seminggu berlalu, tapi belum dapet respons dari pihak Kedubes Australia. Akhirnya... temen gue ditelepon sama pihak sana! Dan nggak lama, tadaaah... dia dapet e-mail kalau visanya diterima. Jalan-jalan ke Sydney dan Melbourne-nya jadi deh.

Inti dari penolakan dari pihak sana sih bisa gue simpulkan:

  1. Semua harus jelas dan terstukrtur, termasuk surat keterangan kerja. Dalam satu surat, boleh deh jelasin kapan lo diangkat jadi karyawan, alasan lo berangkat, dan sebagainya. 
  2. Saat ditelepon sama pihak Kedubes Australia, mereka bilang udah menelepon kantor temen gue dan nggak diangkat. Ini bisa aja membuat adanya asumsi kantor bodong. Jadi make sure nomor telepon kantornya yang aktif angkat. Gue sih waktu itu kasih nomor telepon bos gue, jadi kalau mau diwawancarain memang lebih enak.
  3. Kalau ada yang bilang harus punya tabungan cukup, ini bener banget. Tapi juga jangan ngebohong karena ketahuan ya. Secukupnya aja dan sesuai dengan itinerary juga udah oke kok.
  4. Kalau punya paspor lama dengan visa Amerika Serikat atau visa Schengen, fotokopi aja. Temen gue dibilang masih kurang traveling-nya padahal udah ke sana kemari, tapi mungkin belum pernah ke Eropa. Giliran gue yang bisa dihitung jari, dengan label visa Schengen, diloloskan. Ya jaga-jaga aja.
  5. Kalau ditolak visanya, buat surat pernyataan dengan jelas dan detail. Pasti ada jalan.
  6. Kalau kalian pergi dinas sih lebih enak, karena pasti punya "surat sakti" tersebut. 
  7. Lebih memudahkan lagi kalau kalian punya kenalan di Australia dan dibuatin invitation letter untuk menjamin.

Dan saran gue, lebih baik apply visa online aja karena lebih mudah. Tapi kalau ngerasa lebih enak ngajuin lewat VFS pun nggak ada salahnya juga.

Tambahan: Beberapa komentar nggak bakal gue jawab karena sebenarnya bisa dibaca di atas. Selain itu, kalau mau surat yang gue bilang lengkap, website ini yang gue jadiin rujukan. Jadi, nggak perlu tanya minta kirim ke e-mail karena nggak bakalan gue respons. Kalau memang ada beberapa hal yang mau ditanyakan, silakan.

Cheers!

Post a Comment

58 Comments

Unknown said…
Selamat sore kak, terimakasih untuk ceritanya sangat membantu sekali.

Saya Zahra dari Bali. Bulan Juni kemarin sempat apply visa turis ke Australia, tapi ditolak dengan alasan diragukan kalau saya tidak akan kembali ke Indonesia lagi :( Padahal dokumen sudah lengkap selengkap-lengkapnya :(

Kak kalau boleh tau, seperti apa surat keterangan kerja kakak yg detail kmrn? Apa boleh saya minta tolong untuk di emailkan formatnya? Mohon maaf sebelumnya, saya soalnya mau apply kembali dalam wkt dekat ini dan berupaya memperbaiki dokumen2 sebelumnya yg saya kira kurang.

Terimakasih banyak kak. Godbless you😊

Email saya zahrabastari@gmail.com
Hi, aku Utha! said…
Halo, Kak Zahra. Sebenarnya surat keterangan kerja sama aja kayak yang ada di internet. Langsung kasih kontak atasan aja sih ketimbang kasih nomor kantor (karena bisa aja ada yang nggak angkat pas pihak sana nelepon).

Gluck!
Unknown said…
halo kak. bulan 7 kemaren saya aply visa juga ditolak. cuma saya di anjurkan banding ke tribunal.tp tetep aja ditolak. mungkin kakak bisa bantu untuk aply saya. ini email saya kak rudyarya505@gmail.com
Hi, aku Utha! said…
Hai, Mas Rudy. Lebih baik apply ulang aja. Sesuai dengan yang saya jabarin di blog. Persiapin lagi berkas yang dibilang kurang. Semangat!
RBaz said…
Visa saya baru saka tertolak pertgl 7 Januari kemarin,, namun mreka kasih option untuk ajukan banding dgn keterangan sama sperti diatas,..

sebelumnya kelebgkapan yg sya lampirkan termasuk asli sponsor yg menyatakan akan mengcover smua pengeluaran disana dan mreka akan mengakomodasi tempat tinggal,, rekening tabungan 3 bulan pengundang, copy passport & id yg langsung dikirim dri aussi.
Dan dri sisi saya, rekening koran 3 bulan dgn saldo stabil, bank statement, surat keterangan kerja.
Hanga saja saya mmng belum pernah keluar negro alias passport masih baru (blm pernah ada track record)..

alasan visa ditolak dimentioned di bagian bawah surat bahwa

Reasons for Decision
Under migration law, an application is made for a class of visa and your application must be considered against the criteria for all subclasses within that visa class.
Your application has been considered against the criteria for the following subclasses within VISITOR visa class.
600 - VISITOR
You did not satisfy clause 600.211 of the Regulations, which states that:
The applicant genuinely intends to stay temporarily in Australia for the purpose for which the visa is granted, having regard to:
(a) whether the applicant has complied substantially with the conditions to which the last substantive visa, or any subsequent bridging visa, held by the applicant was subject; and
(b) whether the applicant intends to comply with the conditions to which the Subclass 600 visa would be subject; and
(c) any other relevant matter.
I note that you have demonstrated only a limited amount of travel overseas, and I am therefore unable to establish that you have a previous history of genuine visits elsewhere.


mohon pencerahannya apa saya harus naik banding yg akan diurus pihak pengundang atau lebih baik langsung apply ulang ?

thankyuuu banyak sebelumnya kak !! ����


Ems said…
Same as my husband visa yg sudah apply dr tgl 9 Dec sampe skrg status msh received. Pdhal sy dan suami apply dlm 1 group. Tercantum semua biaya saya di tanggung suami. Tickets airline return dan jg bukti booking hotel semua sudah di cantumkan. Malah visa saya sudah approved. Tp visa suami blm ada kabar. Di tlp ke dubes nya. Hanya di jawab Just wait. Pdhal keberangkatan kami tgl 21 January ini. Apakah mungkin visa suami tdk di approved?
Firdaus Soeroto said…
"Kalau visa ditolak, buat surat pernyataan dengan jelas dan detail." ini boleh liat contohnya gak?

Visa ke Aussie gua juga ketolak kemarin. Pengen apply lagi ke VFS.
Would you please send it me through email firdaus.soe@gmail.com?

Terima kasih
Hi, aku Utha! said…
Hi, sori baru respons.

Kalo dari pengalaman sebelumnya sih mendingan apply lagi aja. Dan lebih enak memang lewat onlineeeee. Lebih cepet, juga lebih murah. Tapi ya PR nge-scan itu sih :)
Hi, aku Utha! said…
Hi, sori banget baru respons. Biasanya kalau begitu sih cuma pending aja. Atau Mbak tanya pihak VFS-nya.

Semoga saat aku balas udah di-approved yah, Mbak! :)
Unknown said…
Aku juga baru dapat kbr klp visa saya ditolak. Alasanyaa krna ada dana msk yg bsr scra tetiba.
Emang jujur aq traveling ke aussie dibayarin si.
Trs klo udh ditolak gini lngkah selanjutnya apa yah...i need a help pls. Email saya cheerupgalz@gmail.com
Hi, aku Utha! said…
Gue nggak bisa jawab bagusnya gimana sih.
Soalnya menurut gue kalo emang dibayarin, bukan pake rekening sendiri. Rekening sponsor yang lo ajuin. Adanya duit secara tiba-tiba di rekening ya buat mereka mikir kalo keuangan lo nggak stabil. Mestinya sebelum cetak rekening tiga bulan itu lo udah ancang-ancang yah kalo pake rekening sendiri.

Kalo emang ditolak, ya coba apply lagi. Tapi gue juga gak tau jalan keluar bagusnya gimana kalo kasusnya gitu. Hehe. Maaf ya ga ngebantu :')
Mas, visa saya jg ditolak kemarin.alasanx

I note that according to information held by the department, you have a previous immigration
history with the department.
While each application is considered on its merits, this information affects your credibility
that your current visa application is genuine. I also note that in the application form you have
provided, you have made no reference to this matter in questions which relate to your visa
application history.
Decision
As you do not meet one or more clauses in Schedule 2 of the Regulations, I find that you do
not meet the criteria for the grant of a VISITOR (Class FA) VISITOR (Subclass 600) visa...

Saya ngurus lwat agen..kata agen saya prnah brmasalah dengan imigrasu, padahal sya g pernah brmasalah dng pihak imigrasi.trkhir tgl 17-21 januari 2019 sya tur k korsel g ad masalah apa2 d imigrasi.

Mhn petunjukx, ap saya apply via online ato k AVAC kuningan

andihakim0331@gmail.com
Boleh sekalian minta surat pernyataannya yang jelas dan detail..trims
Unknown said…
Kak sya juga mau dong contohnya.. Kmrin ngajuin by immiaccount buat ke australi d tolak juga. Mksi byk sblmya. Email ke aulnifa@gmail.com
Unknown said…
Selamat pagi mas
Visa sy ditolak persis seperti teman mas. Apa sy boleh minta contoh surat keterangan kerja yg mas buat
Maaf mas soalnya sy waktu nya sdh mepet
Email sy endang_tbn@yahoo.com
Terima kasih mas
Unknown said…
Malam kak,, barusan dapet email klo visa aku di tolak ��
Boleh gak minta contoh surat keterangan kerja nya mas, kaya nya mereka pikir kntr aku bodong deh, soal nya no.telp kantor emang lagi rusak hiks... Makasih sblm nya
Email aku: ellnu81@gmail.com
Unknown said…
Halo kak. Visa visitor ku juga baru di tolak karna alesan kurang jalanjalan padahal ak ud jln'4x ke luar negri. kalo boleh ak minta cth surat pernyataan buat aku reappy kalo boleh kirim k email dellaanat@gmail.com. Thx before :)
ida laela said…
Akhirnya granted gak kak visa autralia suaminya? Saya juga sudah 19 hari blm ada keputusan dan statusnya masih received padahal jumat depan 15 mar 2019 sudah harus berangkat 😔
Gabriella said…
This comment has been removed by the author.
Gabriella said…
sori saya boleh minta contoh surat pernyataannya yang untuk menjelaskan visa yang ditolak?
kalo ga keberatan boleh dikirim ke gabriella.sarah777@gmail.com
Unknown said…
Bro Tri Saputra, boleh info emaiol contoh surat keterangannya tidak?
saya baru saja di tolak visanya agussugianto408@gmail.com
evalina said…
Halo kak sama nih saya jg ditolak dengan alasan yg sama. Jadi apa ada apply ulang dan hasilnya gimana yaa?
Halo Kak Saputra, boleh minta contoh surt pernytaannya, sya juga baru di tolak dengan alasan kurang yakin dengan sy.
boleh kirim ke email : rantosilawibowo@gmail.com

sebelumnya sy ucapkan terima kasih banyak, sangat berguna bngt infonya.
Jy said…
halo kak, boleh minta surat pernyataan ke email saya ga ya? email : elendyjun@gmail.com
arinsza said…
halo kan diatas tadi mas bilang masukin nomor telfon bos nya, apakah itu nomor kantor apa telfon hp pribadi ya? karena saya jg mau kasih nomor atasan aja, thanks
Valentine said…
Boleh bantu gak contoh surat nya gmna.. v.huiling270192@gmail.com
Thanm you
XahAu said…
Saya juga baru dintolak visa turist, boleh minta kirim kan contoh surat pernyataan nya ke email : h.thono@yahoo.com
Unknown said…
Siang bang...minta surat prnyataannya...alfianlexan@gmail.com
Unknown said…
gan,, sharing dong surat pernyataan ke email saya,, visa ane tahun lalu kena tolak, dan tahun ini kena tolak jg padahal doc sudah sangat lengkap dan sudah ada surat undangan dri sodara saya di syd,, mohon pencerahan a gan
thx
Unknown said…
willy6550@gmail.com ini email ane gan
Sovi said…
Bang boleh sharing tentang surat peryataan oleh karna 2017 visa holidy saya sempat ditolak,ini email saya,sophiadewi69@yahoo.com
Unknown said…
visa sy ketolak 2x bingung. Mohon bantuan apa harus sy lakukan. Karena alasan penolakan tidak akan kembali dr aussie tepat waktu.sy rencana mau applet lagi.
Wawan said…
sebagai tambahan masukan aja, ga harus scan juga gapapa. seluruh dokumen saya foto pake kamera HP dan di edit agar terlihat jelas. untuk minimal tabungan juga tidak perlu fantastis. cara penghitungan nya adalah biaya hidup rata rata di australia dan dikalikan durasi kunjungan. visa saya GRANTED dalam waktu 7 hari kerja dan semua dikumen terebut tidak saya scan melainkan format JPEG. semooga bermanfaat and good luck !
mrt said…
Kak, boleh sharing surat pernyataannya gak, aku Uda 2 x ditolak. Tolong dibantu yah thxs vonzy17@gmail.com
Unknown said…
Halo Kak Saputra, boleh minta contoh surt pernytaannya, sya juga baru di tolak dengan alasan kurang yakin dengan sy.
boleh kirim ke email saya:firda.s.n@gmail.com
Nugroho said…
Halo rekan semua tentunya sudah tau donk syarat pengajuan Visa di Schengen itu wajib punya insurance travel dengan medis minimum 500juta atau 30.000 USD.
Ini syarat khsus schangen ya

Dan untuk visa lainnya ada yang tidak mewajibkan Insurance travel

Gw mau kasih informasi
Saat ini ada Insurance yang bisa cover Biaya Pembatalan Visa..amit amit visa lu di tolak bisa kembali biaya pengurusannya preminya cuma 70rb dan didalamnya lu bisa tambahin manfaat Asuransi perjalanan yang mencakup resiko gangguan penerbangan,medis kalau kita sakit di negara sana butuh duit banyak dll.. bisa di bayangin kalau lagi asik di negara sana kena sakit atau kecelakaan..berobat di sana ga kaya berobat di Jakarta 😁

Ausransi perjalanan ga mahal ko sekali trip paling mahal 1juta(untuk 1 bulan perjalanan) kalau masih Asia paling hanya ratusan ribu

Nah buat kalian yang mau diskusi asuransi perjalanan saya bisa bantu di nomor WA 081299570557 pembelian bisa melalui Online di futuready.com
#supermarketasuransi
Unknown said…
hello boleh tanya kalau visa pernah ditolak, trus apply ulang.kan ada kolom pertanyaan apakah visa pernah ditolak dan sebagainya. itu kita isi detailsnya gmn yah? Thank you
Unknown said…
Mba akhirnya gmn? Sy sdh 1 bulan statusnya masi received. Pdhl 4 hadi lagi berangkat
Unknown said…
Mas... visa aku di tolak dengan alasan ada kecenderungan akan stay temporaty disana... funding juga pdhal tab rekening pasif lumayan dan travel history (visa schengen ku ngga aku lampirkan krn sdh 6 tahun yg lalu ) what should i do mas...? Kmrn aku apply visa vfs online. Aku mau apply lagi enaknya by online ato manual?
Ayyu said…
Halo kak mau tanya waktu melampirkan sponsornya apakah sponsor tersebut adalah saudara kaka, adik atau teman kalau boleh tau? Terima kasih
Neni said…
Boleh minta surat pernyataannya gk, visa sy bru ditolak hari ini dgn alasan takut sy nda pulang, trus sy pake sponsor jg + uang pribadi. neninurmayanti18@gmail.com
naszah said…
samaaaa aku juga ketolak karena hal itu padahal rekening sponsor aku udah aku ajuin, bikin pening aja udah bulan depan lagi harusnya....
Unknown said…
Maaf boleh sharing surat pernyataan mas , mohon bantuannya terima kasih, email : v7angel@gmail.com
Unknown said…
Selamat siang mas Tri..
Visa Australia Saya juga baru di tolak mohon di bantu kasih contoh surat pernyataan ke email saya nani.kurniawati001@gmail.com

Saya sudah beli tiket dan pesen hotel semua sudah di bayar.

Menurut saya semua persyaratan yg saya berikan sudah lengkap (travel agent). Mohon di bantu ya..

Terima kasih banyak sebelumnya.
isaura said…
Hi Kak.. Saya juga ditolak kmrn dgn alasan kurang bukti jalan2 pdahal ada keep Vietnam, Kamboja,Singapore.

Tolong kirimkan juga donk gmn surat pernyataannya. Saya mau apply ulang. Mau secepatnya krn mau ke Australia bulan Des. Email : eligiasuwandi@gmail.com
ainie said…
boleh tolong email saya juga mao surat pernyataan nya.
nuli said…
hi kakak...sedih rasanya dapet penolakan ya, baru dpt kabar dari agent klo visa saya di tolak
huhuhuhuhu....bisa tolong kasih contoh surat2 nya ke saya buat saya pengajuan ulang
kalo boleh tolong di email ke nuli_arisanti@yahoo.com

tx kakak
Unknown said…
boelh minta surat pernyataannya ga? kirim ke email berryktt123@gmail.com tengkyu
Unknown said…
Kalau visa ditolak, buat surat pernyataan dengan jelas dan detail." ini boleh liat contohnya gak? Email melt0306@gmail.com
Thx b4
Hi, aku Utha! said…
Jabarin aja alasannya, tapi ga terlalu detail. (Ringkasan dari penolakannya.)
Hi, aku Utha! said…
IMO by online aja :')
Mungkin bisa dilampirin juga schengen-nya. Gapapa uda 6 tahun lebih.
Hi, aku Utha! said…
Kalo atasannya gak keberatan, nomor atasannya aja :D
Za said…
Hei, saya mengajukan visa turis online pada 9 Desember. Kemudian saya menerima email pada 11 Desember bahwa mereka membutuhkan lebih banyak informasi. Dan informasi yang mereka butuhkan adalah detail paspor partner saya, surat undangan dan sertifikat pernikahan. Tetapi karena pasangan saya adalah warga negara Inggris dan dia akan bepergian dengan saya dan kami belum menikah, kami tidak dapat memberikan informasi itu kecuali detail paspornya. Saya mengunggah informasi ini pada hari yang sama ketika saya menerima email. Dan kemudian status aplikasi visa saya berubah menjadi 'Further Assessment'. Apakah anda tahu berapa lama untuk visa saya diterima? Atau Anda pikir itu akan ditolak karena saya tidak bisa memberikan dokumen lain? *untuk bank statement saya menggunakan rekening bank saya pribadi.
Za said…
Sebenarnya saya telah melampirkan dokumen dengan nama 'invitation letter' dan 'marriage certificate' tetapi keduanya berisi keterangan bahwa kami tidak menikah dan bahwa partner saya bukan Warga Negara Australia sehingga dia tidak punya kewenangan untuk membuat surat undangan.
Mas, saya baru akan berangkat ke Australia bulan Februari ini. Saya sementara melengkapi berkas di pengisian data utk visa secara online. Saya rencana mau stay 2 minggu di rumah teman. Cara meyakinkan pihak embassy kalau kita punya teman di sana gimana mas? Ohiya, danaku stabil di kisaran 50jutaan. Apakah itu cukup buat 2 minggu? Terimakasih.
Sony momor said…
Selamat siang kak, terimakasih untuk ceritanya sangat membantu sekali.

Saya Sony dr manado. Bulan desember kemarin sempat apply visa turis ke Australia, tapi ditolak dengan alasan diragukan kalau saya tidak akan kembali ke Indonesia lagi :( Padahal dokumen sudah lengkap selengkap-lengkapnya :(

Kak kalau boleh tau, seperti apa surat keterangan kerja kakak yg detail kmrn? Apa boleh saya minta tolong untuk di emailkan formatnya? Mohon maaf sebelumnya, saya soalnya mau apply kembali dalam wkt dekat ini dan berupaya memperbaiki dokumen2 sebelumnya yg saya kira kurang.

Terimakasih banyak kak. Godbless you😊

Email saya sonymomor.sm@gmail.com
Sony momor said…
Selamat siang kak, terimakasih untuk ceritanya sangat membantu sekali.

Saya Sony dr manado. Bulan desember kemarin sempat apply visa turis ke Australia, tapi ditolak dengan alasan diragukan kalau saya tidak akan kembali ke Indonesia lagi :( Padahal dokumen sudah lengkap selengkap-lengkapnya :(

Kak kalau boleh tau, seperti apa surat keterangan kerja kakak yg detail kmrn? Apa boleh saya minta tolong untuk di emailkan formatnya? Mohon maaf sebelumnya, saya soalnya mau apply kembali dalam wkt dekat ini dan berupaya memperbaiki dokumen2 sebelumnya yg saya kira kurang.

Terimakasih banyak kak. Godbless you😊

Email saya sonymomor.sm@gmail.com
Sony momor said…
Selamat siang kak, terimakasih untuk ceritanya sangat membantu sekali.

Saya Sony dr manado. Bulan desember kemarin sempat apply visa turis ke Australia, tapi ditolak dengan alasan diragukan kalau saya tidak akan kembali ke Indonesia lagi :( Padahal dokumen sudah lengkap selengkap-lengkapnya :(

Kak kalau boleh tau, seperti apa surat keterangan kerja kakak yg detail kmrn? Apa boleh saya minta tolong untuk di emailkan formatnya? Mohon maaf sebelumnya, saya soalnya mau apply kembali dalam wkt dekat ini dan berupaya memperbaiki dokumen2 sebelumnya yg saya kira kurang.

Terimakasih banyak kak. Godbless you😊

Email saya sonymomor.sm@gmail.com